PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas : VII
Semester : 1
Tahun Pelajaran : 2009/2010
A. PERHITUNGAN
ALOKASI WAKTU
1.
Banyaknya minggu, minggu efektif, dan minggu tidak efektif dalam satu semester
No.
|
Bulan
|
|
Keterangan
|
||
|
Efektif
|
Tidak Efektif
|
|||
1.
|
Juli
|
5
|
2
|
3
|
|
2.
|
Agustus
|
4
|
4
|
0
|
|
3.
|
September
|
5
|
4
|
1
|
|
4.
|
Oktober
|
4
|
4
|
0
|
|
5.
|
November
|
4
|
4
|
0
|
|
6.
|
Desember
|
5
|
2
|
3
|
|
|
Jumlah
|
27
|
20
|
7
|
|
2. Banyak jam belajar efektif: 5 X 20 Minggu = 100 jam
pelajaran
3. Bahan pengajaran selama satu semester:
3.1 Banyaknya Standar Kompetensi : 8 Standar Kompetensi
3.2 Banyaknya Kompetensi Dasar : 18
Kompetensi Dasar
3.3 Alokasi waktu setiap minggu :
5 Jam
pelajaran
3.4 Alokasi waktu tatap muka dan ulangan
harian satu semester :
70 Jam pelajaran
4. Pelaksanaannya:
No.
|
Jenis Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
|
Jam Pelajaran
|
Minggu
|
|||
1.
|
Tatap
muka
|
62
|
12,4
|
|
2.
|
Ulangan
Harian
|
8
|
1,6
|
|
3.
|
Ulangan Tengah Semester
|
5
|
1
|
|
4.
|
Ulangan
Akhir Semester
|
5
|
1
|
|
5.
|
Cadangan
|
20
|
4
|
|
|
Jumlah
|
100
|
20
|
|
No
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
|
Kegiatan
Berbahasa
|
|
1.
|
Mendengarkan
|
|
|
1.1Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam
beberapa kalimat
|
|
|
1.2 Menuliskan kembali berita yang
dibacakan ke dalam beberapa
kalimat
|
|
2.
|
Berbicara
|
|
|
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling
mengesankan dengan
menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
|
|
|
2.2
Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana
|
|
3.
|
Membaca
|
|
|
3.1Menemukan
makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai
dengan konteks yang diinginkan melalui
kegiatan membaca memindai
|
|
|
3.2 Menyimpulkan
isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata
per menit
|
|
|
3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara
dengan intonasi yang tepat
|
|
4.
|
Menulis
|
|
|
4.1
Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara
pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
|
|
|
4.2 Menulis
surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan
bahasa
|
|
|
4.3 Menulis
teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan
benar
|
|
|
|
|
|
Kegiatan Bersastra
|
|
5.
|
Mendengarkan
|
|
|
5.1 Menemukan
hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan
|
|
|
5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan
situasi sekarang
|
|
6.
|
Berbicara
|
|
|
6.1 Bercerita
dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
|
|
|
6.2 Bercerita
dengan alat peraga
|
|
7.
|
Membaca
|
|
|
7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
|
|
|
7.2 Mengomentari
buku cerita yang dibaca
|
|
8.
|
Menulis
|
|
|
8.1 Menulis
pantun yang sesuai dengan syarat pantun
|
|
|
8.2 Menulis
kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang
pernah dibaca atau didengar
|
|
|
Ulangan harian : .... x
..... jam pelajaran
|
|
|
Ulangan Tengah Semester
|
|
|
Ulangan Akhir semester
|
|
|
Cadangan
|
|
|
Jumlah seluruhnya
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar